Glodogan tiang, solusi mengatasi polusi

Gambar Polyalthia longifolia
Polyalthia longifolia - Glodogan tiang

Pohon glodokan tiang, atau yang secara ilmiah dikenal sebagai Polyathia longifolia merupakan spesies pohon hijau yang berasal dari Asia Selatan, termasuk India, Sri Lanka dan Pakistan.

Pohon glodokan tiang merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup sering ditemukan di sudut kota dan di halaman sekolah karena fungsinya sebagai peneduh, penetralisir pencemaran udara dan peredam suara.

Pohon glodokan tiang dikenal dengan nama “scented drongo tree” karena daunnya akan menghasilkan aroma yang khas ketika diremas atau dihancurkan.

Glodokan tiang - polyalthia longifolia
Gambar bunga dan buah pohon glodokan tiang

Taksonomi dan karakteristik

 Kingdom             : Plantae

 Sub Kingdom     : Tracheobionta

 Divis                   : Spermatophyta

 Sub Divisi           : Magnoliophyta

 Kelas                   : Magnoliopsida

 Sub Kelas            : Magnoliidae

 Ordo                    : Magnoliales

 Family                 : Annonaceae

 Genus                  : Polyalthia

Polyathia longifolia berbentuk lancip ke atas dan memanjang, pinggirnya dikelilingi daun bergelombang dengan bentuk daun yang menyirip berwarna hijau. Bunga-bunga kecil berwarna kuning pucat atau putih yang dihasilkan, memiliki aroma yang khas. Pohon ini juga disebut sebagai salah satu evergreen karena daunnya yang selalu berwarna hijau tanpa terpengaruh cuaca maupun iklim.

Batang glodokan tiang cukup kuat dan kokoh. Ketinggiannya bisa mencapai 5 hingga 8 meter dengan bentuk mengerucut ke atas.

Meskipun cukup jarang ditemui, pohon glodokan menghasilkan bunga yang muncul pada bagian ketiak daun dengan warna kuning kehijauan. Bentuknya menyerupai payung serta pangkal dan mahkotanya berdekatan membentuk corong berwarna putih.

Buah pohon ini menyerupai buah buni dengan bentuk oval memanjang dan warna kemerahan hingga kekuningan. Biji dari buahnya berbentuk pipih dengan warna kecoklatan.  

Manfaat Pohon glodokan tiang

1. Tanaman Hias

Pohon glodokan tiang sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias di taman, jalanan kota dan di halaman sekolah maupun kantor karena bentuk daunnya yang menarik dan tidak terlalu menghabiskan banyak tempat. Daunnya juga sangat kuat dan sulit rontok meskipun pada musim kemarau.  

2. Mengurangi polusi udara

Pohon glodokan berfungsi sebagai peneduh yang baik sekaligus mengurangi polusi.

3. Mengandung antioksidan

Biji pohon glodokan memiliki antioksidan yang baik untuk mengatasi berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada biji pohon tersebut juga sedang dikembangkan sebagai salah satu bahan pembuatan kopi. 

4. Menurunkan tekanan darah

Ekstrak kulit akar pohon glodokan mengandung metanol yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dan hipertensi

5. Bahan baku perlengkapan sederhana dan kerajinan

Di beberapa tempat, pohon glodokan sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pensil, korek api, furnitur dan berbagai kerajinan kayu lainnya. 


Previous Post Next Post

Contact Form