Belimbing Sayur

Belimbing sayur

Belimbing Sayur (dikenal juga dengan nama belimbing wuluh) merupakan salah satu jenis belimbing yang memiliki buah kecil berwarna hijau, sering digunakan dalam masakan untuk memberikan rasa asam segar. Buah ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan serta dapat digunakan dalam berbagai hidangan seperti asinan, sayur asem, atau sebagai bahan dalam minuman segar. Belimbing sayur (Avverhoa Blimbi Linn) diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku dan dikembangkan di beberapa daerah di Indonesia, Filipina, Sri lanka, Myanmar dan Malaysia. 

Karakteristik 

Pohon belimbing sayur memiliki tinggi mencapai 10 meter dengan permukaan batang kasar dan berbenjol-benjol. Percabangannya sedikit dan arahnya condong ke atas. Daunnya majemuk menyirip dengan pangkalnya yang berbentuk bulat. Panjang daun berkisar antara 2 sampai 10 sentimeter dengan lebar mencapai 3 sentimeter.  

Buah belimbing wuluh berbentuk bulat lonjong persegi dengan panjang 4 sampai 6 cm dengan warna hijau yang kekuningan. Anak daun bertangkai pendek, bentuknya bulat dan oval dengan ujung runcing. Buahnya berwarna hijau tua, sedangkan permukaan bawahnya hijau muda. 

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Di dalam belimbing wuluh mengandung banyak mineral. Seperti kalsium, mangan, selenium, protein, tembaga fosfor, serta zat besi. Buah ini juga terkenal punya kandungan antioksidan serta zat bersifat astringen. 

Belimbing wuluh punya efek antihipertensi, antidiabetes, antitrombotik, serta hipolipidemik. Belimbing wuluh juga memiliki efek hepatoprotektif, anti kanker, dan penyembuhan luka.

Memperkuat Tulang 

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang pertama adalah memperkuat kesehatan tulang. Belimbing wuluh kaya akan kalsium yang berperan untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Sembuhkan Batuk

Sudah sejak lama belimbing wuluh dimanfaatkan sebagai minuman pereda batuk. Sifat antiinflamasinya bisa meredakan batuk akibat virus maupun sistem imun tubuh yang lemah.  Kandungan vitamin C di dalamnya juga mampu mengembalikan kekebalan tubuh yang rusak serta mencegah bakteri maupun virus kembali datang. Rutin konsumsi belimbing wuluh juga terbukti bisa melegakan pernafasan serta tenggorokan.

Bantu Turunkan Berat Badan 

Tingginya kandungan serat di dalam belimbing wuluh bermanfaat dalam mengendalikan berat badan. Serat membantu menjaga perut agar terasa kenyang lebih lama.

Cegah Anemia

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mencegah anemia. Ternyata belimbing wuluh juga memiliki kandungan zat besi tinggi. Sehingga bisa bermanfaat untuk mencegah anemia.

Menurunkan tekanan darah

Khasiat belimbing wuluh sudah dipakai secara tradisional mengendalikan hipertensi. Sebab, buah satu ini punya kandungan magnesium, serat, seng, kalsium, dan zat besi yang penting untuk penyembuhan darah tinggi. Selain itu, belimbing wuluh juga sangat rendah sodium. Sehingga baik dan aman bagi penderita tekanan darah tinggi.


Previous Post Next Post

Contact Form