Menelisik jenis sereh/serai

Gambar serai

Sereh atau juga dikenal sebagai serai adalah tanaman herba yang banyak digunakan dalam masakan Asia Tenggara. Daun dan batangnya sering digunakan sebagai bumbu untuk memberikan aroma segar dan rasa citrus pada masakan. Sereh juga memiliki banyak manfaat kesehatan dan sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan berbagai keluhan.

Serai termasuk kedalam kelompok terna, yaitu kelompok tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu dan relatif berukuran kecil dengan tinggi kurang dari 2 meter. 

Jenis tumbuhan serai

Serai Dapur (Cymbopogon citratus)

Gambar serai dapur - Cymbopogon citratus
Serai dapur - Cymbopogon citratus

Sesuai namanya, Serai dapur merupakan jenis yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk menciptakan aroma harum pada masakan. Serai dapur mampu tumbuh sepanjang tahun dan banyak dikembangkan berbagai benua seperti Asia, Afrika dan Amerika. 

Serai dapur memiliki bentuk yang menyerupai alang-alang, akan tetapi memiliki aroma yang khas. Jenis akarnya serabut rimpang pendek dengan batang yang tumbuh bergerombol. Bagian pelepah kulit serai dapur berwarna putih keunguan dan terdapat umbi pada lapisan dalamnya. Panjang daun bekisar antara 50 sampai 100 sentimeter dengan lebar daun mencapai 2 sentimeter.  

Serai wangi (Cymbopogon nardus) 

Gambar serai dapur - Cymbopogon nardus
Serai wangi - Cymbopogon nardus

Serai wangi memiliki ciri yang persis dengan serai dapur. Perbedaannya terletak pada aroma yang dihasilkan dari kedua tanaman tersebut. Berbeda dengan serai dapur yang memiliki aroma yang lebih tajam dan kuat, sementara itu serai wangi memiliki aroma yang lebih ringan dan manis. Serai wangi biasa dimanfaatkan sebagai penyedap atau untuk pembuatan minuman herbal. 

Manfaat dan Khasiat batang serai

1. Anti Kanker

Manfaat batang serai yang pertama adalah sebagai anti kanker. Batang ini mengandung senyawa citral yang mampu membunuh sel rusak atau sel yang berkembang secara abnormal. 

2. Mengatasi Diabetes

Meminum teh yang terbuat dari batang serai secara teratur dapat menormalkan kembali fungsi pankreas dalam memproduksi insulin. Oleh karena itu, mengkonsumsi teh dari batang ini dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Mengobati Anemia

Anemia merupakan penyakit yang ditandai dengan tubuh lemah, lesu dan nampak pucat. Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah, yaitu zat yang bertanggung jawab dalam sintesa Hemoglobin.

4. Mengatasi Bakteri dan Jamur

Batang serai memiliki sifat antiseptik sehingga mampu membunuh jamur dan bakteri. Hampir semua jeis jamur bisa diatasi, terutama jamur penyebab penyakit kulit. Cara memanfaatkannya adalah dengan menumbuk batang ini dan menggunakannya sebagai obat oles.

4. Mengatasi Masuk Angin dan Perut Kembung

Teh yang terbuat dari campuran batang sereh dan gula merah memiliki sifat menghangatkan tubuh.

5. Mengeluarkan Racun Dari Dalam Tubuh

Batang tanaman ini juga dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Kandungan dalam batang serai mampu menetralisir racun. Sedangkan antioksidan dan Antiseptik di dalamnya akan membantu organ hati dan ginjal kembali bersih. 


Previous Post Next Post

Contact Form