Singkong - Ketela Pohon

Singkong - Ketela Pohon
Singkong - Manihot esculenta

Ubi kayu, atau disebut juga singkong, kaspe, ketela pohon, ubi sampa atau ubi prancis (Manihot esculenta, sinonim: Manihot utilissima), adalah perdu tropis dan subtropis tahunan dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.  

Karakteristik 

Singkong memiliki akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar. Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.

Klasfikasi Ilmiah

Domain : Eukaryota

Kerajaan : Plantae

(Tanpa takson): Tracheophyta

(Tanpa takson): Angiospermae

(Tanpa takson): Eudikotil

Ordo : Malpighiales

Famili : Euphorbiaceae

Genus : Manihot

Spesies : M. esculenta

Manfaat singkong bagi kesehatan

1. Sumber karbohidrat yang tinggi. 

Singkong mengandung kalori dan karbohidrat tinggi, oleh sebab itu singkong bisa digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi.

2. Membantu menurunkan berat badan. 

Kalori yang tinggi pada singkong membuat rasa kenyang lebih tahan lama sehingga nafsu makan akan lebih berkurang.

3. Membantu penyembuhan diare. 

Air rebusan singkong yang diberi tambahan garam ternyata bisa membantu mengatasi dehidrasi yang dialami penderita diare level ringan. Cara pengolahannya adalah kupas dan bersihkan singkong hingga bersih dan rebus hingga mendidih. Minum air rebusannya saat sudah dingin 2 kali sehari.

4. Gluten-free dan mencegah diabetes. 

Jika seseorang mengalami alergi terhadap gluten, singkong merupakan pilihan yang tepat karena singkong merupakan bahan maknaan yang gluten-free.

5. Menyehatkan sistem pencernaan.

Singkong mengandung sari pati resisten yang sangat mudah dicerna oleh tubuh yaitu meningkatkan kesehatan usus dengan cara memelihara bakteri baik yang ada di usus. Serat pada singkong mudah larut dalam air sehingga membantu penyerapan racun yang masuk ke saluran pencernaan. Dengan demikian kesehatan sistem pencernaan bisa terjaga.

6. Manfaat singkong dari bagian daunnya. 

Daun singkong berpotensi menyembuhkan atau meredakan beberapa masalah kesehatan lainnya antara lain; migrain, menyehatkan mata, demam, rematik.

Previous Post Next Post

Contact Form