Mengenal tumbuhan salam

Daun salam
Salam - Syzygium polyanthum

Tumbuhan salam atau dalam bahasa ilmiah Syzygium polyanthum meru kan pohon yang daunnya sering dimanfaatkan sebagai rempah pada banyak masakan di Indonesia. Dalam bahasa inggris, dikenal dengan nama Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. 

Taksonomi

Kerajaan         : Plantae
(tanpa takson) : Angiospermae
(tanpa takson) : Eudikotil
(tanpa takson) : Core Eudikotil
(tanpa takson) : Rosidae
Ordo         : Myrtales
Famili         : Myrtaceae 
Genus         : Syzygium
Spesies         :       S. polyanthum

Bunga dan daun salam
Gambar bunga dan daun salam

Karakteristik 

Pohon salam mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 30 meter dengan kulit badayng berwarna coklat abu-abu. 

Daun salam berbentuk lonjong-longong, jorong sempit atau lanset. 

Bentuk bunga tumbuhan ini menyerupai malai (bercabang banyak) dengan banyak kuntum bunga. Bunga muncul pada bagian bawah atau ketiak daun dengan panjang antara 2-8 cm. 

Manfaat

Daun salam banyak digunakan sebagai pengharum masakan di beberapa negara di Asia Tengara. Daun ini dapat dimasukkan kedalam masakan dalam keadaan yang masih segar atau kering. Daun salam menghasilkan aroma yang khas dan tidak begitu keras, sehinga membuat masakan menjadi lebih nikmat.  

Batang kayu pohon salam dapat digunakan sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Kulit batang pada pohon ini mengandung tanin yang kerap digunakan untuk mewarnai dan mengawetkan jala, bahan anyaman dari bambu dan lain-lain. Selain itu, kulit batang daun salam juga dipakai sebagai bahan ramuan tradisional untuk menyembuhkan sakit perut. 


Previous Post Next Post

Contact Form